Renungan 2 Februari 2020

Salam dalam kasih Kristus untuk kita semua

Sepanjang bulan Februari gereja akan membahas mengenai keluarga dengan mengambil tema “Aku Mengasihi Keluargaku”. Saya percaya bahwa setiap kita pasti mengasihi keluarga kita masing-masing. Saya juga percaya bahwa Tuhan lebih mengasihi keluarga kita, mengapa..? Karena keluarga adalah lembaga yang diciptakan oleh Tuhan, keluarga adalah lembaga yang di bentuk oleh Tuhan dengan tujuan supaya melalui kehidupan di dalam keluarga nama Tuhan dimuliakan.

Untuk itu setiap pribadi dalam keluarga bertanggung jawab untuk membawa keluarga supaya senantiasa menjadi keluarga yang selalu memuliakan Tuhan. Firman Tuhan berkata… ”Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah.”

Dan dalam hal ini, salah satu yang harus dilakukan oleh setiap pribadi dalam keluarga adalah saling mengasihi melalui “saling memperhatikan” dan dasar dari “saling memperhatikan” adalah kasih. Yaitu kasih kepada Tuhan yang dibuktikan dengan kasih kepada sesama, yang dimulai dari dalam kehidupan keluarga.

Kata “memperhatikan” didasarkan pada kata “hati” yang artinya bahwa setiap pribadi dalam keluarga harus memiliki “hati” terhadap keluarganya. Hati seperti apa…; yaitu 1) Saling Memperhatikan dengan Hati Yang Peduli ; 2) Saling Memperhatikan dengan Teladan Hati dan Kasih Kristus; 3) Saling Memperhatikan dengan Hati Yang Menyelamatkan Keluarga.

Akhir kata, mari kita mengasihi keluarga sebagaimana Kristus sangat mengasihi keluarga kita, melalui hidup saling memperhatikan satu dengan yang lainnya, yang di landaskan pada kasih kepada Tuhan. Saya percaya bahwa keluarga yang saling memperhatikan adalah keluarga yang kuat, indah, harmonis dan keluarga memuliakan Tuhan. AMIN.

Tuhan Yesus memberkati.

Pdt. Refli Sumanti, M. Th

02 Februari 2020

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.