Renungan 22 Maret 2020

Salam dalam Kasih Kristus untuk Kita Semua

Setiap orang senang dengan kesatuan. Ada kesatuan atas dasar satu suku; ada kesatuan atas dasar hobi, warna kulit, satu sekolah, satu kantor, satu profesi, dan banyak lagi dasar-dasar kesatuan lainnya. Firman Tuhan dalam Kolose 3 : 14 berkata, “Dan di atas semua-nya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.”

Firman Tuhan dalam bagian ini mau mengingatkan kita bahwa “kasih” adalah dasar yang kuat untuk kesatuan. Mengapa ? karena kasih dapat menembus dan mengubah sifat dan karakter seseorang dari punya sifat egois menjadi tidak egois; dari punya sifat yang keras dan emosional bisa menjadi lembut dan mau mengampuni. Kata “diatas semuanya itu“ mau mnenekankan bahwa orang boleh bersatu karena satu suku; orang boleh bersatu karena satu hobi, satu sekolah, satu profesi, dan orang boleh bersatu dengan dasar kesatuan yang mereka buat sendiri; Tetapi Firman Tuhan berkata bahwa tidak ada dasar yang lebih kuat untuk di jadikan dasar kesatuan di dalam kehidupan berjemaat selain dari pada kasih itu sendiri.

Kata “Pengikat” berarti hal atau unsur yang mempersatukan; kemudian kata “sempurna” artinya utuh dan lengkap yang memiliki makna indah dan menyenangkan. Jadi Kasih adalah hal/ unsur/ dasar yang kuat; kasih adalah dasar yang kokoh, indah dan sempurna yang dapat menyatukan kehidupan jemaat dengan kesatuan yang tidak tergoyahkan oleh setiap persoalan yang datang.

Untuk itu mari kita membangun kebersamaan kita, membangun pelayanan dan pengabdian kita, membangun kesetiaan kita atas dasar kasih yang dari Tuhan. Karena kasih itulah yang menjadi pengikat yang memeprsatukan dengan kesatuan yang sempurna. AMIN

Tuhan Yesus Memberkati.

Pdt. Refli Sumanti, M.Th

22 Maret 2020

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.