Renungan 16 Februari 2020

Salam dalam Kasih Kristus untuk Kita Semua

Kalau kita berbicara siapa itu manusia maka Firman Tuhan mengingatkan bahwa manusia itu adalah makhluk yang diciptakan Tuhan sebagai makhluk sosial yang memerlukan kehadiran orang lain untuk menolong dia; untuk memotivasi dia dan mendorong dia agar tidak menyerah dalam menghadapi segala tantangan hidupnya.

Firman Tuhan dalam kejadian 2 : 18 berkata; “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja.” Melalui Firman Tuhan ini menjadi dasar kebenaran yang memberitahu bahwa manusia saling memerlukan satu dengan yang lainnya, mengapa..? karena tidak ada manusia yang sempurna. Firman Tuhan dengan jelas menunjukan bagaimana sejak awal manusia bukan dirancang untuk menjadi individualis; tetapi manusia dibentuk menjadi makhluk sosial yang terhubung dengan sesamanya.

Dalam hubungan dengan keluarga, tidak ada suami yang sempurna; tidak ada istri yang sempurna, tidak ada anak-anak yang sempurna dan tidak ada orang tua yang sempurna. Setiap pribadi dalam keluarga memiliki kelemahan dan kelebihan yang berbeda-beda, sehingga yang diperlukan adalah masing-masing anggota keluarga harus menjadi pribadi yang saling melengkapi satu dengan yang lain. Seperti kaki yang membutuhkan mata untuk melihat jalan yang baik dan mulut membutuhkan tangan untuk memasukkan makanan.

Akhir kata, mari kita membuktikan dengan menyadari bahwa setiap pribadi dalam keluarga adalah berbeda dan selamanya tidak akan pernah menjadi sama, maka yang diperlukan adalah “saling melengkapi.” AMIN

Pdt. Refli Sumanti, M. Th

16022020

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.